Saturday 26 April 2014

Sejarah Kerajaan Kepenuhan

Berdirinya Kerajaan Kepenuhan tidak terlepas dari kontribusi Kerajaan Tambusai yangbernaung di bawah Yang Dipertuan Tua yang memerintah di aerah Rokan. Beliauadalah keturunan Raja Pagaruyung yang terkena1 di Sumatera, yang memiliki tigaputera, yaitu Siti Dualam, Duli Yang Dipertuan Akhir Zaman, dan Tengku RajaMuda. Dari ketiga anak Yang Dipertuan Tua inilah, keberadaan Krajaan Kepenuhanmulai ada yaitu tepatnya pada masa Pemerintahan Sultan Abdullah. Beliaumenjadikan pemerintahan ketatanegaraan dengan sangat adil dan bijaksana.

Untuk lebih memperjelas tentang berdirinya Kerajaan Kepenuhan maka telahdilakukan pencarian data dan fakta yang diakui keabsahannya, di samping datahasil Pengkajian Tombo Adat Luhak Kepenuhan yang diselenggarakan pada tanggal 17sampai 19 April 1999. Kegiatan pengkajian tersebut merupakan forum tertinggidalam Adat Luhak Kepenuhan. Berdasarkan hasil kegiatan Pengkajian Tombo AdatLuhak Kepenuhan tersebut dapat diuraikan bahwa jalan sejarah berdirinyaKerajaan Kepenuhan dibagi menjadi tiga periode, yakni sebagai berikut.
  1. Periode pertama, adalah periode berdirinya Kerajaan Kepenuhan.
  2. Periode kedua, merupakan masa berkembangnya Kerajaan Kepenuhan.
  3. Periode ketiga, merupakan masa kejayaan dan keruntuhan Kerajaan Kepenuhan.
8 comments :
Sejarah Kerajaan Kepenuhan Reviewed by lupanama on Saturday, April 26, 2014 Rating: 4,5

8 comments :

  1. Awalnya sy bingung kox ada kerajaan kepenuhan, ternyata ada y...

    ReplyDelete
  2. baru degar mas tentang kerajaan kepenuhan :)

    ReplyDelete
  3. wah...pic profil saya kok gede banget ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kesalahan tdi, ,
      udah diperbaiki kok :)

      Delete
  4. blog walking, salam kenal hehe.

    ReplyDelete
  5. saya berterima kasih dengan addanya artikel ini tentang sejarah buyut saya yaitu raja ke 16 kerajaan kepenuhan Tengku Sultan Sulaiman

    ReplyDelete